Bagaimana Mensikapi Anak Susah Makan Buah dan Sayur

Bagaimana Mensikapi Anak Susah Makan Buah dan Sayur

Sayur dan Buah – SEBAGAI orangtua, Anda tentu kesal ketika Anak Anda menolak untuk makan buah dan sayuran. Lalu tiba-tiba Anda berpikir dan terkenang akan masa lalu. Nah ternyata, saat masih anak-anak, Anda pun pernah berada di posisi mereka. Lantas mengapa anak kecil begitu membenci sayuran dan buah ?

Satu teori yang ada dan berkembang adalah, seiring waktu selera makan kita berubah. Namun, teori tersebut tidak bisa dibenarkan secara ilmiah. Melansir dari Spoon University, Sabtu (21/7/2018), anak-anak secara umum membutuhkan banyak energi, bahkan jauh lebih banyak dari orang dewasa.

Kebutuhan tersebut membuat anak-anak secara instingtif memilih makanan yang bisa memberikan banyak energi. Sayuran dan buah bukan jenis makanan yang padat kalori sehingga tidak memberikan banyak energi yang dibutuhkan anak-anak.

Secara biologis, sangat tidak masuk akal bagi anak-anak untuk makan makanan yang tidak memberikan energi. Faktor biologis lainnya yang menyebabkan anak-anak tidak menyukai sayuran dan buah adalah rasa. Sebagian sayur dan buah punya rasa yang pahit, sesuatu yang dibenci anak-anak.

Menurut laman Psychology Today, manusia pada umumnya terlahir untuk lebih senang dan memilih makanan yang manis. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga manusia akan menyukai makanan yang terasa pahit. Perlu diingat, bahwa salah satu ciri khas makhluk hidup adalah adaptasi, begitu juga dengan makanan. Lidah manusia akan cenderung memilih makanan yang sudah dikenalnya.

Dari pemahaman tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa anak menolak makan sayur atau buah karena tidak terbiasa dengan rasanya. Salah satu faktor penyebab adalah ASI. Anak biasanya mulai belajar mengenal makanan dari rasa ASI yang berganti-ganti sesuai dengan apa yang dimakan ibunya.

Bayi yang mendapat ASI akan terbiasa dengan berbagai rasa baru sehingga lebih mudah untuk diajari. Hal yang berbeda terjadi kepada bayi yang mendapat asupan susu formula. Karena rasanya sama dan itu-itu saja, mereka akan lebih sulit terbiasa dengan rasa baru sehingga cenderung menolak sayuran atau buah yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *