Ini 6 Ciri Siswa Kreatif

Ini 6 Ciri Siswa Kreatif

Banyak penelitian membenarkan berpikir Siswa kreatif sangat baik bagi kesehatan mental dan fisik seseorang, mulai dari mengurangi stres dan kecemasan hingga meningkatkan kebugaran tubuh.

Kreativitas tinggi bisa juga menjadi senjata andalan di tengah ketatnya persaingan dunia kerja. Siswa kreatif sangat memahami potensi diri dan mampu melakukan terobosan menarik yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh orang lain.   Mereka cukup sulit digambarkan. Ini karena kreativitas melibatkan sejumlah proses berpikir, imajinatif, tindakan, dan emosi berbeda-beda pada setiap orang.

Dikutip dari Huffington Post berikut 6 karakteristik siswa kreatif:

  1. Tidak hanya pintar

Studi Stanford University menunjukkan kecerdasan IQ berkaitan dengan kreativitas.

Orang cerdas dilihat dari skor IQ rata-rata memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga mampu berpikir kreatif dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara kreatif.

  1. Suka berimajinasi tapi realistis

Siswa kreatif suka berangan-angan membayangkan hal yang kadang tidak terpikirkan orang lain. Ini adalah ciri-ciri mereka paling khas. Mereka cenderung menjadi seniman, musisi, penulis, atau pelukis. Walaupun pada kenyataanya, pemikiran kreatif tidak membatasi kegiatan seseorang, misal dalam dunia bisnis. Meski sering “berkhayal di siang bolong”, mereka tidak berdiam diri. Ide-ide yang mereka pikirkan sering dituangkan menjadi kenyataan dan terobosan baru.

  1. Suka bermain namun disiplin

Inilah sebab mengapa karakteristik siswa kreatif sulit digambarkan. Mereka cenderung senang bermain, tapi tetap disiplin. “Bermain” dimaksud adalah kombinasi antara sikap aktif dan keingintahuan mereka terhadap sesuatu.

  1. Banyak energi tetapi tetap fokus

Sering ditemui siswa kreatif memiliki banyak energi, baik secara fisik maupun mental. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam melakukan hal menarik perhatian mereka dengan konsentrasi tinggi. Banyak energi berbeda dengan hiperaktif. Mereka memahami waktu dan mengenal kemampuan diri dengan baik. Mereka tahu kapan sebaiknya istirahat mengembalikan energi dan waktu-waktu tertentu saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

  1. Memiliki passion kuat dan tetap fleksibel

Siswa kreatif biasanya mencintai tugas dan bersemangat menyelesaikan dengan baik. Di sisi lain, mereka juga fleksibel. Misalnya penulis tetap mendengarkan dan menghargai masukan serta kritik dari editor dan orang-orang sekitar mengenai tulisannya. Di sisi lain, mereka tidak berhenti sampai di situ saja karena siswa kreatif tetap bisa mempertahankan pendapat pribadi dengan alasan yang masuk akal.

Baca juga : Wow Siswa Indonesia Raih Medali Emas Olimpiade Fisika, Menyaingi 90 Negara 

  1. Ambivert

Ada dua tipe kepribadian umum di dunia, introvert tertutup dan si gaul ekstrovert. Menurut penelitian, siswa kreatif cenderung berada di tengah. Kepribadian campuran introvert dan ekstrovert disebut ambivert. Tipe kepribadian ini merujuk pada orang supel, ramah, dan bersosialisasi dalam kelompok besar, tapi tetap membutuhkan waktu menyendiri untuk berpikir. Sisi supel dan “haus akan interaksi” orang-orang ekstrovert memungkinkan mereka mencari inspirasi dan ide-ide baru, sementara sisi introvert membantu tetap bisa fokus pada pekerjaan dan mematangkan ide.

Demikian ciri-ciri siswa kreatif yang perlu Anda ketahui.

Sumber : kompas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *