Inilah Tanaman Hias Yang Dapat Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Inilah Tanaman Hias Yang Dapat Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Adanya Tanaman Hias di rumah biasanya akan terasa lebih sejuk. Alasannya karena tanaman melepaskan oksigen melalui fotosintesis. Selain baik untuk meningkatkan kualitas udara, tanaman juga bisa mempercantik rumah. Biasanya jenis tanaman yang dimanfaatkan adalah tanaman hias.

Berdasarkan penelitian NASA pada 1989, ada beberapa tanaman hias biasa yang sebenarnya dapat menghilangkan bahan kimia karsinogenik seperti benzena dan formaldehida dari udara. Lebih dari itu, rumah yang ditumbuhi banyak tanaman di sekitarnya dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati penghuni rumah. Melansir Good Housekeeping, Senin (23/7/2018), inilah tanaman hias yang membawa banyak manfaat:

Pakis


Penelitian dari American Society of Horticultural Science pada 2010 mengungkapkan bila tanaman pakis bisa menghapus lebih banyak formaldehida. Namun tanaman ini tergolong cukup rewel sehingga tingkat kelembapannya harus diperhatikan dengan baik. Bila perlu, pakis bisa disiram setiap hari.

Pohon-pohon palem

Segala jenis pohon palem merupakan pilihan yang baik untuk peningkatan kualitas udara. Tapi usahakan pohon palem tumbuh di suhu 15-23°C.

Karet kebo dan Janet Craigs


Kurangnya paparan sinar matahari mungkin dapat membuat tanaman mati. Tapi jangan sedih, ada tanaman yang dapat tumbuh dengan sedikit sinar matahari dan memberikan banyak manfaat. Tanaman itu adalah karet kebo dan Janet Craig.

Lili perdamaian


Salah satu dari beberapa tanaman hias yang akan mekar di dalam ruangan adalah lili perdamaian. Tanaman dengan daun berbentuk kerang ini dapat menurunkan suhu ruangan sehingga terasa lebih sejuk. Lili perdamaian juga memiliki tingkat transpirasi tinggi yang akan melembapkan udara. Akan tetapi, harus hati-hati. Sebab daun tanaman ini bisa beracun bagi hewan peliharaan dan anak-anak.

Sirih gading


Tanaman menjalar yang satu ini sering ditemui di rumah-rumah. Sirih gading dapat tumbuh dengan mudah, menolerir banyak pengabaian seperti sinar matahari yang sedikit, dan tidak masalah bila terlalu banyak disiram air.

Daun ivi


Seperti sirih gading, tanaman daun ivi juga tumbuh menjalar. Tanaman ini bertindak sebagai topiary dan digunakan untuk elemen dekoratif di rumah. Daun ivi tumbuh di tempat yang teduh dan sesekali membutuhkan sedikit penyiraman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *