Kiat-kiat Sukses Jualan Online lewat Marketplace

Kiat-kiat Sukses Jualan Online lewat Marketplace

Jualan Online – Perkembangan di dunia digital memudahkan pekerjaan manusia, termasuk dalam hal berbisnis.

Bisnis yang dulunya dilakukan hanya lewat media sosial kini sudah bisa dilakukan di marketplace yang dirasa cukup aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Produk-produk yang dijual di marketplace juga lebih bervariasi sehingga konsumen bisa memilih barang yang terbaik untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagi Anda yang sedang menekuni bisnis online dan ingin melakukan ekspansi usaha, marketplace menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Agar bisnis di marketplace mendulang kesuksesan, berikut tips berjualan online di marketplace yang perlu Anda lakukan.

1. Menyiapkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum berjualan di marketplace, Anda perlu menyiapkan produk apa saja yang akan dijual. Kalau bisnis Anda bergerak di bidang perabotan rumah tangga, Anda perlu menyiapkan jenis-jenis perabotan rumah tangga dengan lengkap.

Kekhasan atau keunikan produk menjadi kunci utama untuk menarik minat para konsumen. Namun, Anda harus memerhatikan produsen produk tersebut sehingga saat produk habis di toko, Anda dapat me-restock produk dengan cepat agar konsumen tidak menunggu terlalu lama.

2. Mengenali Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan tiap-tiap konsumen tentu berbeda. Contoh konkretnya adalah anak muda dan orang tua. Jika anak muda membutuhkan gadget yang super canggih di era digital, orang tua cukup membutuhkan gadget yang dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Supaya dapat memahami kebutuhan konsumen, Anda harus menetapkan target pasar yang jelas terlebih dahulu agar dapat menentukan spesifikasi produk yang hendak dijual. Dengan begitu, produk Anda jual akan cepat laku karena produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.

3. Melihat Kekuatan Pesaing

Dunia bisnis dipenuhi para pesaing. Jumlah pesaing yang akan Anda hadapi tidak hanya satu orang, tetapi puluhan, bahkan ratusan orang. Agar produk yang dijual mengalami perputaran, pahami betul kekuatan para pesaing, lalu bandingkan dengan kekuatan bisnis Anda.

Apabila daya saing bisnis Anda masih terlalu rendah, pikirkan strategi jitu seperti apa yang dapat diterapkan untuk memenangkan pasar. Dengan demikian, bisnis yang Anda geluti tetap berjalan lancar walaupun pesaing ada di mana-mana.

4. Menjual Produk yang Berkualitas

Hal kecil yang sering diabaikan para pebisnis adalah kualitas produk. Tidak dapat dimungkiri, barang yang berkualitas memiliki harga jual yang cukup mahal sehingga sering kali menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum membeli suatu produk. Namun, produk berkualitas memiliki umur ekonomis yang cukup lama sehingga dapat dipakai selama bertahun-tahun.

“Apa yang dibayarkan sesuai dengan kualitas yang didapat”. Meskipun produk yang Anda jual mahal, kualitasnya dijamin bagus. Konsumen akan merasa puas dan pasti akan kembali berbelanja di lain kesempatan. Bandingkan jika produk yang Anda jual cepat rusak, konsumen akan merasa kecewa dan tidak akan kembali lagi untuk berbelanja.

5. Menuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Produk yang Anda jual di marketplace kemungkinan besar sama dengan para pesaing lain. Namun, Anda bisa membuat sedikit perbedaan dari deskripsi produk. Tuliskan deskripsi yang jelas, informatif, dan lengkap mengenai produk yang Anda jual agar konsumen mengetahui gambaran kasar dari produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

6. Menambahkan Foto Produk yang Real

Produk yang dibeli secara online tidak dapat dilihat langsung oleh para konsumen. Namun, mereka bisa membayangkan produk yang hendak dibeli dari gambar produk yang Anda tampilkan di marketplace.
Pastikan gambar produk yang Anda cantumkan sesuai dengan produk aslinya agar konsumen tidak kecewa saat produk tersebut sampai di tangan mereka. Dengan demikian, toko online milik Anda akan dipercaya para konsumen.

7. Memberikan Fasilitas yang Memadai

Fasilitas yang dimaksudkan di sini berupa kemudahan-kemudahan yang diberikan toko online. Entah itu dari segi transaksi, pengembalian barang, ataupun biaya pengiriman. Agar toko online milik Anda tidak kalah bersaing, sediakan segala kemudahan bagi para konsumen agar mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah pula tanpa hambatan sedikit pun.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah komunikasi. Bangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya dari segi bahasa yang digunakan, tapi juga dari segi kecepatan saat merespons pertanyaan konsumen.
Berbisnis di Marketplace Lebih Mudah, Aman, dan Menguntungkan

Marketplace merupakan wadah bagi para pebisnis online untuk menjajakan produk yang dijualnya dengan lebih mudah, aman, dan menguntungkan. Agar berbisnis di marketplace mendulang kesuksesan, lakukan tips-tips di atas dengan benar. Jangan lupa juga untuk selalu berinovasi pada strategi pemasaran dan produk yang dijual agar tidak kalah bersaing dengan toko online yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *