Menghasilkan Uang Dari Facebook

Menghasilkan Uang Dari Facebook

Kebanyakan orang mengira Facebook hanya sebagai website social networking dan Anda menggunakannya semata sebagai hiburan atau mengisi waktu luang. Hanya sebagian orang yang tahu kalau Facebook bisa digunakan untuk memperoleh uang. Tapi ini hanya mungkin terjadi bila Anda memiliki strategi yang tepat dan mengikuti langkah-langkah panduannya. Facebook telah menjadi pasar yang besar. Bila Anda mempelajari bagaimana monetisasi pasar ini, maka Anda akan mulai mendapatkan keuntungan.

Network Marketing dengan Facebook

Facebook memiliki lebih dari 1 milyar pengguna dan 5 kali lebih populer dibanding jaringan sosial lainnya. Berikut ini beberapa cara network marketing untuk Facebook:

1. Ciptakan profil Facebook yang menarik

Ketika seseorang kenal, suka, dan percaya pada Anda, mereka ingin mendengar lebih banyak tentang bisnis Anda. Profil Anda membuka kesempatan ini ketika Anda menggunakan gambar profil, gambar cover, dan bagian “about” dengan tepat.

Pilihlah gambar profil yang memberi kesan profesional. Gunakan gambar cover untuk menunjukkan kepribadian Anda. Bagian “about” yang lengkap membuat Anda lebih dipercaya.

2. Posting untuk publik di Facebook

Tujuannya adalah membiarkan teman tahu apa pekerjaan Anda dan bagaimana Anda bisa membantu mereka. Misalnya bila Anda seorang makelar, Anda bisa posting, “Hai semua, mungkin kalian sudah tahu, saya suka membantu orang menemukan rumah impian mereka. Bila Anda tahu seseorang yang butuh bantuan saya, silahkan inbox saya.”

Bila Anda agen asuransi, “Halo, Anda mungkin sudah tahu saya senang membantu keluarga agar terlindungi dari tragedi tak terduga. Bila Anda kenal orang yang membutuhkan asuransi jiwa, silakan kirim pesan ke saya.”

3. Gunakan Facebook messenger

Facebook messenger seperti email, tapi lebih baik. Bila sebelumnya Anda berbicara pada orang yang Anda prospek, dan Anda bersiap untuk bicara pada mereka lagi, Anda bisa dengan cepat mereview semua percakapan sebelumnya.

Bila Anda belum bicara pada seorang teman cukup lama, pastikan untuk kembali membangun hubungan lebih dulu. Tentu Anda tidak ingin mereka merasa Anda hanya menghubungi mereka untuk tujuan bisnis. Anda bisa katakan, “Hai, sudah lama ya kita tidak bicara, apa kabar?” Hanya bicara tentang produk Anda bila mereka bertanya apa pekerjaan Anda.

Kirim pesan berdasarkan percakapan terakhir dan apa yang Anda tahu tentang seorang teman. Misalnya untuk makelar, “Hai Tom, saya tahu kamu menyukai rumah dengan pemandangan alam dan saya ingat kamu sedang mencari rumah. Coba lihat properti dengan pemandangan danau ini. Mau datang dan melihatnya bersama saya?”

4. Jaga percakapan tetap berlanjut

Akan terasa menyenangkan bila orang merespon pesan Anda. Berterimakasihlah pada mereka untuk respon yang mereka berikan. Sediakan informasi tambahan berupa gambar, video, dan rincian dari tawaran Anda, dan beritahukan apa langkah selanjutnya. Bila Anda tidak mendapat jawaban, kirim pesan seminggu sekali untuk menanyakan apakah mereka ingin tahu langkah selanjutnya. Bersabarlah, karena tidak semua orang setiap hari mengecek Facebook.

5. Tetap berhubungan

Hanya masalah waktu hingga teman menginginkan produk Anda. Tetap jaga hubungan di Facebook dengan menerbitkan konten berkualitas dan berinteraksi dengan postingan teman Anda. Seimbangkan posting konten antara bisnis dan personal. Terlalu banyak salah-satunya akan menghasilkan kegagalan. Bersikaplah personal sebanyak 80 persen. Orang cenderung melakukan bisnis dengan mereka yang memiliki hubungan baik, jadi posting tentang apa yang ada di pikiran Anda. Lalu posting tentang bisnis sebanyak 20 persen.

Semakin Anda berinteraksi dengan postingan teman, semakin postingan bisnis Anda terlihat di newsfeed mereka. Teman juga akan menganggap Anda sebagai teman sebenarnya, bukan orang yang berusaha menjual produk pada mereka. Tulis komentar dari hati ketika mengomentari postingan teman. Perlakukan mereka sama seperti ketika Anda bicara pada teman secara langsung.

6. Perbanyak teman untuk perbanyak pemasukan

Dengan lebih dari 1 milyar pengguna, Facebook menawarkan jumlah orang yang tak terbatas untuk diajak bicara bila Anda menyediakan waktu untuk membangun hubungan. Yang Anda butuhkan adalah waktu untuk mencapai dan membangun hubungan.

7. Buat grup Facebook

Baik Anda seorang manager yang sedang memotivasi tim, atau memiliki grup industri dan ingin saling mendukung, Facebook groups adalah jawabannya. Anda bisa melakukan banyak hal besar ketika berkumpul dengan kelompok orang dengan passion dan bekerja untuk tujuan yang sama.

Setelah membentuk grup, buat postingan setidaknya 5 kali dalam seminggu. Postingan bisa berupa pertanyaan, kata-kata motivasi, gambar, atau video. Selalu like dan komentari postingan orang lain juga. Grup ibarat event langsung yang terjadi 24 jam setiap hari. Ketika berjalan dengan baik, ini akan menjadi langkah kesuksesan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *